Monday, January 7, 2013

UKM DAN PENTINGNYA PERENCANAAN BISNIS

       Sudah menjadi rahasia umum, kalau Rencana Bisnis belum nejadi penting bagi kebanyakan UKM. Mengapa? Karena bagi mereka yang paling penting adalah insting, karena mereka umumnya tidak mengerti apa itu Rencan Bisnis dan bagaimana menyusunnya.

     Sebenarnya apa sih Rencana Bisnis itu? Rencan bisnis adalah suatu set rangkaian dari rencana kegiatan yang akan di lakukan untuk menjalankan sebuah bisnis pada periode tertentu. Untuk menghindari kesalahan di atas, maka ada baiknya pelaku UKM perlu mengerti susunan sebuah Rencan Bisnis. Rencana Bisnis yang baik harus mencantumkan : 


1). Deskripsi Usaha dan Perusahaan
2). Pasar dan Pemasaran
3). Proses Produksi
4). Organisasi dan Manajemen
5). Keuangan

          Dalam deskripsi usaha/perusahaan dicantumkan visi dan mis perusahaan serta kegiatan bisnis perusahaan di masa mendatang.
          Pada aspek pasar dan pemasaran di uraikan jenis produk atau jasa yang di hasilkan satu persatu berikut karakteristiknnya produk serta asesoris yang memberikan nilai tambah pada produk dan jasa tersebut.
          Aspek berikut yang harus di cantumkan adalah proses produksi. Dalam aspek ini harus dijelaskan bagaimana produk atau jasa disiapkan dan diproduksi khususnya yang dilakukan perusahaan.
          Pada bagian organisasi dan manajemen dijelaskan mengenai struktur organisasi,kemampuan SDM yang mengelola, jumlah staf beserta uraian tugas, serta infra struktur yang diperlukan.
          Yang terakhir adalah aspek keuangan. Bagian keuangan merupakan gambaran kuantitatif dari sebuah Rencana Bisnis, sehingga mempunyai keterkaitan logis dari penjelasan bagian aspek lainnya. Pada saat keuangan harus dijelaskan tentang komponen biaya, proyeksi keuangan, kebutuhan pembiayaan dan analisis keuangan.


" Sebelum mengambil keputusan, pertimbangkanlah 
keputusan itu benar atau salah. Belum tentu 
kepentingan orang banyak itu benar"
*The Wisdom of T.P Rachmad






Daftar Pustaka :
Iqbal, Simanjuntak , K. Solusi Jitu bagi Pengusaha Kecil dan Menengah Pedoman Menjalankan Usaha. PT. Elex Media  Komputindo . jakarta, 2004



Quisioner :